Cara Format Flashdisk Yang Benar Dan Mudah

Cara Format Flashdisk Yang Benar Dan Mudah - Hai Sobat Tekno, pernah kesulitan memformat flashdisk dengan benar? Nah, jika Sobat belum tahu bagaimana cara format flasdisk yang baik, di sini tempat yang tepat untuk membahasnya. Jika Sobat memang sudah tidak menginginkan data atau file yang pernah di simpan ke dalam flashdisk tersebut.

Cara format flashdisk ini lebih efesien daripada Sobat menghapus bagian demi bagian file atau folder satu persatu, tentu akan sangat merepotkan bukan. Perlu Sobat teliti dan cek terlebih dahulu file penting  yang ada di dalamnya, Jika tidak, setelah proses format selesai, file tersebut akan hilang dan tidak akan bisa dikembalikan seperti semula.

Beberapa cara yang Admin tuliskan disini juga mempermudah Sobat untuk memformat flashdisk yang tidak bisa diformat. Dan yang pasti tutorial ini lebih mudah dari pada cara format flashdisk lewat CMD.
Nah, sebelum Admin memulai cara tersebut ada baiknya Sobat mengetahui apa saja istilah dalam menu pilihan di dalamnya, agar bisa dipahami dengan baik.
Volume Label
Volume label yaitu nama yang akan dipasang pada Flashdisk, jadi pilihan ini bisa diisikan nama apa saja sesuka hati. Tetapi ada beberapa pembatasan berdasarkan jenis file system yang dipilih, diantaranya:
  • NTFS, maksimum 32 huruf, akan ditampilkan dengan huruf kecil ataupun besar sesuai dengan ketikan.
  • exFAT, maksimum 32 huruf, akan ditampilkan dengan huruf kecil ataupun besar sesuai dengan ketikan.
  • FAT, maksimum 11 huruf, tidak dapat menggunakan karakter special (/ \ | + = < > [ ]* ? . , ; : ), semua huruf yang ditampilkan akan menjadi kapital.

File System
Secara default pilihan File system terdapat 3 yaitu NTFS, FAT32 dan exFAT. Pertanyaanya manakah yang lebih disarankan untuk dipilih? Untuk itu Sobat bisa membaca artikel Tekno In Form mengenai penjelasan tentang File System.

Format Options
Secara umum pilihan Quick Format akan tercentang, ini berarti hanya akan menghapus Flashdisk saja dan tidak akan melakukan deep scan. Sebaliknya jika  Sobat mengosongkan tanda centang pada pilihan tersebut, maka system tidak hanya akan melakukan formatting, tetapi juga melakukan scanning pada Flashdisk untuk menganalisa masalah seperti bad sector, hal ini cukup memakan waktu dibandingkan dengan metode Quick Format.

Allocation Unit Size
Allocation Unit Size adalah sebagian kecil ruang yang diberikan ke sistem untuk membantu proses writting pada Flashdisk. Karena system mengatur semakin besar ruang partisi yang di tempatkan, maka semakin bagus perfoma sistem dalam membaca file di Flashdisk, begitu pula sebaliknya.

Jadi setingan ini tergantung pada kebutuhan. Namun jika Sobat ingin menyimpan file dengan kapasitas besar, maka maksimalkanlah allocation size untuk mendapatkan kinerja yang lebih baik. Jika ingin menyimpan file dalam ukuran kecil atau sedang, maka allocation size kecil bisa menjadi pilihan. Dalam beberapa kasus, biarkan saja setingan ini terpilih secara default.

cara-format-flashdisk-yang-benar

 

Cara Format Flashdisk Di Windows 7 Dengan Benar

  1. Pertama buka folder Windows Explorer di PC atau Laptop Sobat dan cari di "Computer" dengan nama "Removable Disk"  lalu Klik kanan Pilih " FORMAT" sesuaikan apakah itu jenis  Flashdisk yang ingin Sobat Format?
  2. Setelah Sobat klik kanan dan pilih "FORMAT" maka akan muncul tampilan seperti di atas, cek capacity (kapasitas) memory, File system tertera FAT 32 dan Unit size 4096bytes , ini adalah cara format yang di rekomendasikan (default).
  3. Quick Format untuk menyingkat waktu Formatnya, jika Sobat ingin format normal maka bisa di hilangkan tanda centang nya ( mungkin akan membutuhkan waktu yang cukup lama, tergantung kapasitas dari memory yang di format).

 
cara-format-flashdisk-yang-terkena-virus

 Jika sudah selesai semua prosesnya maka Klik tombol "START"
  • "Warning" disini adalah isyarat keamanan. apakah Sobat sudah siap untuk mengfomat memory tersebut?
  • Jika anda ingin membatalkan bisa menekan tombol "CANCEL". dan Jika sudah siap maka tekan lah tombol "START" dan tunggu beberapa saat sampai memory tersebut selesai di format.
  • Jika semua proses sudah selesai (complete) dalam proses format flashdisk anda maka akan muncul tampilan seperti di atas yang bertuliskan "Format Complete" artinya Format sudah berhasil.
Selanjutnya Tekan tombol "OK" untuk keluar.

Sudah terlihat format flashdisk di komputer ini berhasil.

cara-format-flashdisk-yang-tidak-bisa-di-format

  • Buka kembali Flashdisk Sobat dengan cara Klik kanan pada "Removable Disk" dan pilih "Properties".
  • Di tampilan ini tertera "Used space" artinya ruang yang telah dipakai "Free space" artinya sisa ruang yang tersedia.
  • Jika setelah Sobat memformat Memory atau Flashdisknya maka ruang yang tersedia akan bebas dan bersih seperti baru anda pertama beli.
  • Ruang penyimpanan yang tertera diatas tergantung seberapa besar dan kapasitas Memory atau Flashdisk yang Sobat punya.

Itulah cara format flashdisk yang benar, dan juga beberapa informasi dan tips untuk mengetahui fungsi dari beberapa pilihan didalamnya, Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi bagi Sobat yang belum tahu langkah mudah ini. Kirim komentar Sobat bila menemui kendala.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
August 31, 2017 at 7:48 AM delete

Owhhh ternyata gini toh caranya.
Makasi gan bs langsung ane praktekin ne

Reply
avatar

1. Berikan komentar yang relevan sesuai dengan pembahasan artikel.
2. Perkataan dan ucapan adalah cermin dari pribadi Sobat
3. Mohon untuk tidak mengirim komentar dengan disertai link aktif. EmoticonEmoticon