CARA MEMPERCEPAT KINERJA ANDROID TANPA ROOT PALING AMPUH 100% WORK

Cara Mempercepat Kinerja Android Tanpa Root - Hai Sobat Tekno, kembali lagi disini kali ini Admin akan membahas bagaimana cara mempercepat performa android atau smartphone. Mungkin Sobat pernah merasa android yang sobat miliki seolah melemah kinerjanya. Mulai dari seringnya lemot atau stuck dan bahkan setelah itu mati mendadak. Waw betapa kesalnya, dan itu bisa menyebabkan baterai menjadi cepat boros.

Hal seperti itu kadang bisa saja terjadi pada android kesayangan Sobat, dan itu wajar terjadi apabila Sobat kurang memperhatikan penggunaan yang kurang bijak.

cara-mempercepat-kinerja-android-tanpa-root

Jika Sobat Tekno adalah pengguna yang masih awam tentang teknologi smartphone seperti android, yang mungkin pernah melakukan hal-hal dibawah ini secara sengaja maupun tanpa disengaja, yang ternyata menjadi penyebab lemotnya android Sobat, yaitu :


Memasang aplikasi berlebihan
Terlalu banyak aplikasi yang terinstall seperti game ataupun aplikasi lainnya, yang lebih parahnya lagi sering tidak digunakan. mungkin juga Sobat berpikir tidak mau susah payah lagi menginstall ulang aplikasi tersebut jika suatu saat ingin digunakan kembali.

Memasang aplikasi yang diluar spek smartphone android
Sobat Tekno harus tahu, tidak semua aplikasi bekerja sesuai dengan spesifikasi android kita, apakah itu dari spesifikasi smartphone seperti RAM atau processor, ataupun dari sistem operasi android yang di tanamnya. Contohnya game Dead Effect 2 yang membutuhkan minimal RAM sekitar 2 Giga.

Terlalu banyak memasang  penghias tampilan
Terkadang Sobat bosan dengan tampilan bawaan sistem android, dan Sobat memasang berbagai pernghias tampilan agar lebih enak di lihat, seperti launcher dan Go Keyboard (Aplikasi pengubah tampilan keyboard), dan mungkin sobat juga memasang wallpaper animasi.


Terpasang aplikasi online yang banyak sekaligus
Karena keperluan dan kebutuhan, Sobat Tekno akhirnya memasang banyak aplikasi online seperti BBM, Facebook, Whatsapp, Instagram, UC News, Line, Messenger dan yang lainnya. Aplikasi tersebut biasanya tidak akan menutup dengan sendirinya, mereka selalu berjalan di latar belakang sistem android sobat. Itulah sebabnya mengapa android menjadi lambat kinerjanya pada spek android yang rendah.

Tidak memperdulikan file sampah yang ada
Mungkin ini juga yang Sobat tekno tidak tahu atau tak di sadari, bahwa smartphone layaknya perangkat komputer, kareana dari aplikasi-aplikasi yang telah berjalan akan tersimpan log file dan cache yang merupakan sampah yang dapat memperlambat kinerja android.

Dan masih banyak lagi kelalaian yang Sobat lakukan, sehingga membuat proses kinerja android menjadi lebih lambat dari sebelumnya. Lalu apa yang perlu Sobat lakukan agar semuanya kembali seperti semula? Membuat android Sobat kembali bekerja dengan seoptimal mungkin? Nah, kalau begitu silahkan Sobat simak baik-baik, beberapa langkah tips mempercepat kinerja HP andoid yang dapat Sobat praktekan.

 

Meningkatkan Kinerja Smartphone Android Tanpa Root Hingga 200%

1. Uninstall Aplikasi yang Tidak diperlukan
Ini yang harus Sobat Tekno lakukan, jika Sobat melihat ada banyak aplikasi yang tidak digunakan pada waktu saat tertentu, karena aplikasi akan menguras memori terlebih ternyata aplikasi tersebut memiliki fitur autostart alias dia akan berkerja dengan sendirinya tanpa kita membukanya.

Jika Sobat takut kehilangan aplikasi tersebut, Sobat bisa menggunakan "Apk To SD", yaitu sebuah aplikasi yang dapat membuat aplikasi yang terinstall, menjadi file aplikasi mentah yang dapat diinstall kembali.

2. Jangan Menggunakan Custom View yang Berlebihan
Hal ini lumrah saja, dan sobat bisa menggunakan launcher untuk mengganti tampilan, tetapi diusahakan pilih aplikasi yang ringan saja, supaya bisa menyesuaikan spesifikasi android sobat. Selanjutnya jangan memakai wallpaper animasi yang biasa kalian temukan pada sistem pengaturan wallpaper bawaan. Untuk tipsnya, cukup gunakan gambar diam atau statis yang tidak memilki warna yang mencolok. Cara ini juga bisa menghemat baterai android.

Dan ingat sobat, jika memakai launcher, usahakan jangan menggunakan animasi atau widget yang rumit, hal semacam  itu hanya akan mengguras baterai dan penggunaan RAM.


3. Gunakan Aplikasi Junk File Cleaning
Junk File atau file sampah, adalah file yang biasanya berisi file log atau cache yaitu hasil pemakaian dari aplikasi, yang memakan memori android. Biasanya jika aplikasi semakin banyak yang terinstal, maka akan semakin banyak pula junk file yang dihasilkan. Dan Sobat tak dapat membersihkan file tersebut satu per satu dikarenakan sulit dan memakan banyak waktu.

aplikasi-mempercepat-hp-android-yang-lemot

Aplikasi yang meningkatkan performa android tanpa root

Solusinya adalah menggunakan aplikasi junk file cleaning seperti, Clean Master ataupun yang lainnya. Karena selain bisa lebih cepat, hasilnya pun lebih akurat. Bahkan Clean Master memiliki fitur yang dapat berguna seperti autokill aplication, dimana fitur tersebut bisa menutup program aplikasi yang autostart, dan sedang berjalan di latar belakang sistem android yang Sobat miliki.

4. Bebaskan Ruang Memori Smartphone
Memori yang penuh adalah salah satu penyebab android lemot yang paling utama. Ibarat kata jika sobat makan terlalu banyak, maka sobat juga akan susah bergerak karena kekenyangan, seperti itulah gambaran kinerja android yang lemot. Maka dari itu, hapuslah data-data seperti video, foto, musik, dan document  yang sudah anda tidak berguna, karena file seperti itu tidak akan terhapus oleh aplikasi junk file cleaning, file seperti itu biasanya dianggap bukan merupakan sampah.

Menghapus file yang sudah tidak diperlukan secara manual adalah cara yang paling tepat agar tidak ada file data penting yang masih kalian perlukan malah terhapus. Bebaskan memori android Sobat minimal 15 persen dari seluruh kapasitas memori yang sudah Sobat gunakan.

Itulah yang dapat Admin sampaikan tentang langkah atau cara mempercepat kinerja android tanpa root, tips-tips yang disampaikan tentu saja sudah Admin coba dan berhasil, maka dari itu Sobat bisa mencobanya. Ingatlah tetap menggunakan smartphone android Sobat dengan bijak agar tetap awet dan selalu bekerja dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk membaca artikel Tekno In Form lainnya, Terima kasih.

Penulis hanya Seorang yang selalu berusaha sukses di dunia Online dan Offline, semoga dari artikel yang sederhana ini dapat bermanfaat untuk semua orang.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1. Berikan komentar yang relevan sesuai dengan pembahasan artikel.
2. Perkataan dan ucapan adalah cermin dari pribadi Sobat
3. Mohon untuk tidak mengirim komentar dengan disertai link aktif. EmoticonEmoticon